Sebenarnya Apa saja sih Ruang Lingkup Digital Marketing

Ruang Lingkup Digital Marketing
~Ruang Lingkup Digital Marketing


 Seperti yang kita tau bahwa digital marketing adalah sebuah cara untruk mempromosikan suatu produk dengan memanfaatkan penggunaan media digital.

lantas apa saja ruang lingkup dalam Digital marketing??

pada kesempatan kali ini saya akan memahas tentang ruang lingkup di dalam digital marketing,penasaran yuk di simak.

Ruang Lingkup Digital Marketing

Jika pemasaran dengan menggunakan radio dan TV sudah termasuk digital marketing ,lalu kenapa istilah digital marketing baru mulai ramai digunakan, jawabannya karena perkembangan internet yang sangat cepat dan jumlah pengguna yang semakin banyak yang memungkinkan pemasaran melalui internet juga semakin ramai untuk di gunakan.

Pada akhirnya munculah istilah untuk membedakan pemasaran di dunia maya dengan pemasaran yang menggunakan media cetak seperti spanduk,banner iklan,poster atau yang lainya.

1.SEM (Search Engine Marketing)

Merupakan teknik pemasaran digital yang menggunakan mesin pencari semisal google sebagai media marketing.Dari jumlah pengguna yang saat ini sudah semakin tergantung dengan mesin pencari untuk melakukan kegiatan apa saja , memungkinkan untuk pemasaran dengan menggunakan fitur yang disediakan oleh mesin pencari tersebut menjadi sangat berpengaruh.

2.SEO (Search Engine Optimization)

Hampir sama dengan SEM atau bahkan dapat dikatakan masih berkaitan karena masih menggunakan mesin pencari sebagai medianya. Bedanya terdapat pada kata akhirnya yaitu marketing optimization, bisa kita simpulkan bahwa SEM memanfaatkan fitur yang di sediakan oleh mesin pencari seperti googleAds, sedangkan SEO lebih nkepada bagaimana usaha kita untuk mengoptimalkan diri agar pengguna dapat dengan mudah menemukan kita di mesin pencari tersebut.

3.SMM (Social Media Marketing)

Pemasaran menggunakan cara ini menggunakan sosial media  sendiri sebagai alat yang digunakan ,seperti yang kita yang kita ketrahui bahwa sosial media sekarang sudah berkembang pesat mulai dari platform yang banyak bermunculan dan jumlah pengguna yang terus meningkat. Salah satu platform yang sedang ramai di gunakan adalah facebook, dikarenakan facebook memiliki banyak pengguna dan data masing-masing dari pengguna semisal umur,lokasi,kesukaan,dan lain sebagainya. Maka kita dapat memasang iklan yang sesuai dengan target pasar yang akan kita inginkan.

4.Email Marketing

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pada era sekarang email sudah menjadi kebutuhan yang penting, bahkan sebelum perkembangan sosial media seperti saat ini. Email adalah sarana mengirimkan surat melalui jalur komunikasi digital seperti internet yang sudah ada sejak tyahun 1980-an. Sedangkan email marketing  digunakan untuk memberikan informasi seperti diskon, event atau pengenalan suatu produk kepada para pengguna email.

5.Affiliate Marketing

Sistem affiliate ini secara sederhana dapat kita pahami sebagai sebuah sistem bisnis dengan membayar orang yang berhasil menjuak produk atau jasa tertentu. Sebagai contoh jika anda pengguna suatu platform, kemudian anda mampu mengajak teman ikut menggunakan platform tersebut melalui sebuah kode refferal maka anda akan mendapatkan diskon atau hadiah lainya.

6.SMS (Short Message Service)

Sebuah SMS biasa kita terima setiap hari di handphone maupun smartphone juga bisa di gunakan sebagai media marketing. Bahkan sampai saat ini pun  walaupun pengguna SMS sudah tidak terlalu tinggi karena orang akan lebih senang menggunakan internet,namun kita akan tetap saja menerima promosi melalui SMS biasanya yang menggunakan media ini adalah perusahaan dari provider karti sim yang kamu pakai di handphone atau smartphone kamu. Alasanya sederhana, karena pengiriman pesan dengan SMS tidak terbatas  dengan kuota penerima  sehingga lebih besar kemungkinan pesan akan sampai.

7.Video Marketing

Penggunaan video masih menjadi cara yang patut di pertimbangkan, karena perkembanganya  saja tidak terhenti pada tampil di TV. Bahkan sekarang ini ketika suatu perusahaan ingin membuat video iklan tentang produk mereka dapat di tampilkan di TV, Sosial media dan Youtube  yang menjadi platform terbesar saat ini dalam hal konten video. Namun perlu di ketahui pembuatan video iklan tidak semudah yang di bayangkan lho, terutama video marketing perlu kreativitas dan ketelitian yang tinggi untuk membuatnya.


Mungkin cukup sampai disini tentang ruang lingkup Digital Marketing yang perlu kalian ketahui, sebenarnya masih ada lagi ruang lingkup mengenai digital marketing tapi setidaknya saya sudah membahas hal yang sedang ramai orang gunakan.

Sekian dan terimakasih.

Posting Komentar

0 Komentar

advertise