Pengertian Copywriting dan Cara Membuatnya Dengan Baik

 Hallo semua ketemu lagi dengan saya Ai.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan apa itu "copywriting dan cara membuatnya menjadi lebih menarik".

penasaran bukan??? yuk kita simak sambil belajar bersama.

ilustrasi copywriting.


Sebelum membahas apa itu copywriting alangkah lebih baik jika kita mengetahui apa itu copywriting?

Copywriting adalah material tulisan tulisan yang digunakan untuk membujuk pengunjung untuk melakukan apa yang di inginkan.

Sejarah Copywriting sebelumnya hanya merupakan pekerjaan paruh waktu atau Part Time dan “John Emory Powers” dikenal sebagai copywriter pertama yang bekerja secara full time.

Pada tahun 1870 ada seorang copywriter bernama “John Emory Powers”  yang bekerja sebagai penulis iklan sebagai pekerjaan paruh waktu.

Kemudian pada Mei 1880, ia pindah ke Philadelphia yaitu sebuah kota di negara bagian Pennsylvania di Amarika Serikat untuk bekerja pada sebuah toko Grand Depot. Berkat keahlianya pendapatan toko tersebut meningkat menjadi 2X lipat dari $ 4 juta menjadi $ 8 juta.

Jenis jenis copywriting

Ada banyak jenis copywriting yang perlu kamu ketahui yang di bagi sesuai tugas pekerjaan masing-masing,siantaranya adalah sebagai berikut:

1. Brand Copywriting

Memiliki tugas untuk mengenalkan sebuah brand atau produk agar lebih di kenal masyarakat luas.

2. Marketing Copywriting

Memiliki tugas untuk membuat tulisan untuk meningkatkan pemasaran produk,penjualan.

3. Direct Response Copywriting

memiliki tugas untuk membuat konten yang bertujuan untuk mendapat respon secara langsung dari konsumen.

4. Technical Copywriting

Bertujuan untuk memberikan pemahaman sebuah produk dan prosedur penggunaan produk kepada konsumen.

5. SEO Copywriting

memiliki tugas untuk membuat tulisan yang digunakan untuk mengoptimalkan sebuah website di mesin pencarian.

 Rumus atau Teknik sederhana copy writing  A I D C A

·         Atention

Tarik perhatian konsumen dengan Headline yang menarik

·         Interest

Ceritakan sebuah masalah dan kenalkan produk anda yang akan memberi jalan keluar dari masalah tersebut.

·         Desire

Coba ciptakan sebuah keinginan yang mampu memenuhi kebutuhan secara semosiuonal dan logika yang bsesuai dengan keinginan konsumen.

·         Conviction

Ubahlah rasa keraguan atau skeptisme dari konsumen menjadi rasa percaya dengan data statistik produk ,beberapa hasil testimonial , dan lain sebagainya agar konsumen menjadi lebih percaya dan tertarik pada produk kamu nantinya

·         Action

Jelaskan dan arahkan bagaimana mereka bisa memperoleh produk anda bisa menggunakan tombol CTA(Click To Action)

Cara Membuat Copywriting yang Baik dan Benar

1.Melakukan Research

Sebelum membuat tulisan sebaiknya kamu melakukan riset mengenai kompetitor atau pesaing dari produk kamu nanti

2.Memahami tentang maksud dan tujuan dari produk anda

Kamu juga harus mengetahui maksud dan tujuan produkmu yang akan kamu tambahkan kedalam tulisanmu nanti.

3.Menentukan Headline Yang Tepat dan Menarik

Selanjutnya, kamu juga perlu me,perhatikan bagian headline atau judul yang akan anda tulis pada sebuah tulisan atau artikel.blog,dan lain lain. Karena judul adalah faktor terpenting untuk menarik minat para pembaca

4.Menulis tulisan yang berkualitas dan sesuai dengan fakta

Tulisan yang akan di buat juga harus memperhatikan kualitas tulisan dan sesuai dengan fakta, karena konsunen akan merasa sangat puas dan percaya pada produk yang kita pasarkan

5.Mengakhiri tulisan dengan kalimat yang persusasif

Dan langkah terakhir yang kamu perhatikan adalah mrnggunakan kalimat yang bersifat mengajak konsumen untuk menggunakan produk yang anda jual,karena dengan menggunakan kalimat yang bersifat persuasif secara tidak sengaja akan membuat konsumen un tuk menggunakan atau membeli produk anda.

 Tips sederhana dalam copywriting

1.fokuslah pada benefit

Jangan menonjolkan fitur  pada produk karena kebanyakan kesalahan utama seorang marketer adalah mereka terlalu menonjolkan atau membanggakan fitur fitur dari produk yang di jual.

Karena mereka tidak akan perduli dengan produkmu tetapi mereka hanya perduli dengan bagaimana cara kerja dari produkmu untuk memenuhi kebutuhan mereka

2.gambarkan transformasi

Pertegas kembali apa yang dapat di berikan dari produkmu jika mereka membelinya,

Maka kenali dulu produkmu dahulu dan sampaikan apa yang dapat di ubahnya.

3.buat cerita mengani produkmu

Storytelling merupakan salah satu cara ampuh untuk saat melakukan pemasaran

Ada banyak sekali produk yang mampu terjual laris manis hanya dengan melalui cerita

Maka temukan hal yang menarik dari produkmu dan sampaikan kepada audiens dalam bentuk cerita.


Nah itulah sebuah artikel mengenai Copywriter dan Cara membuatnya.

Bagaimana?, apakah kamu tertarik utuk menjadi seorang Copywriter...?

Ikuti terus untuk Artikel lainya

 


Posting Komentar

0 Komentar

advertise