Bahas Tuntas Istilah Dalam Periklanan Yang Perlu Kalian Ketahui

 Tanpa kita sadari setiap hari iklan di internet semakin bertambah banyak, entah itu jenis ataupun sifatnya dan sebagai pemilik iklan atau publisher hendaknya kita juga mengetahui berbagai hal tentang iklan yang telah atau akan kita gunakan, entah itu blogger,wordpress, ataupun yang lainya. Tujuan memahami pengertian macam-macam iklan ini bertujuan agar kita dapat memilih iklan yang cocok yang akan di pasang di  blog atau website kita nanti. Ada banyak sekali istilah dalam periklanan yang perlu kita ketahui, seperti judul yang kalian baca di atas kali ini saya akan membahas tuntas tentang istilah-istilah tersebut langsung saja kita mulai aja yuk.

Istilah dalam periklanan
Istilah dalam periklanan


Istilah Istilah Dalam Periklanan dan Penjelasanya

Istilah istilah dalam periklanan yang perlu kalian ketahui yaitu
  • PPC (Pay Per Click)
Adalah jasa periklanan yang menghubungkan antara advertiser dengan publisher yang menerbitkan iklan yang dimiliki oleh PPC tersebut. Jadi kita sebagai publisher akan di bayar oleh penyedia PPC dan menerima bayaran ketika iklan yang kita promosikan di klik oleh pengunjung disitus kita.
  • CPM (Cost Per Million)
Jenis periklanan yang pembayaranya adalah kita akan di bayar jika iklan sudah mencapai 1000 kali tayang.Hampir sama dengan PPC bedanya kalau PPC berdasarkan klik, sedangkan CPM berdasarkan jumlah tampilan unique visitor atau dari search engine.
  • CPL (Cost Per Lead)
Adalah sebuah istilah perhitungan yang pembayaran periklanan di hitung dari jumlah pengunjung yang melakukan pendaftaran. Pendaftaran yang dimaksud seperti mendaftar ke sebuah buletin atau mengisi sebuah survei.
  • CPA (Cost Per Action)
Adalah penyedia iklan akan membayar jika pengunjung melakukan action sesua yang asl situs harapkan. Dalam iklan ini, saat pengunjung mengklik iklan dan pada saat yang sama melakukan beberapa tindakan seperti membeli sebuah ebook, bermain game, atau melakukan polling.
  • CPS (Cost Per Sale)
Kita akan dibayar dari setiap keuntungan yang didapatkan dari penjualan terhadap pengunjung yang berasal dari iklan dblog kita. Misal mereka berbagi 30% dari keuntungan penjualan.
  • CTR (Cost Through Rate)
yaitu jumlah iklan yang di klik dibagi dengan jumlah iklan yang dilihat dan kita akan dibayar sesuai dengan persentase iklan yang di klik. Nilai CTR secara tidak langsung dapat menginformasikan perilaku klik normal terhadap satu unit iklan. CTR menjadi referensi Google Maupun Publisher untuk memantau perilaku klik normal pada unit iklan yang bersangkutan. Nilai normal untuk CTR adalah 0% - 5% atau bisa lebih dari itu, tergantung dari jumlah klik terhadap iklan, namun jika nilai CTR lebih dari 100% berarti terindikasi adanya tindakan tidak normal seperti bom klik, klik terus menurus pada iklan yang sama lebih dari 1 kali.
  • PTC (Pay To Click)
Artinya kita akan dibayar dengan mengklik iklan yang telah disediakan oleh pihak advertiser atau pembuat iklan. Tugas kita hanya meng klik iklan yang telah disediakan oleh penyedia jasa PTC dan mendiamkanya selama 30 detik sebelum beralih ke iklan yang lain.
  • PTS (Paid To Surf)
Kita akan dibayar jika surfing dari search engine dengan keyword yang mereka berikan dan link yang dituju. Namun banyak yang mengatakan bahwa PTS ini banyak yang scam
  • Affiliate
Pengertian Affiliate adalah sebuah sistem kerjasama antara penerbit iklan dan pemilik iklan dimaka jika transaksinya berhasil mendaftar atau membeli produk tersebut. Sebagian orang mengatakan kalau affiliate sama dengan referall, yaitu membeli sebuah produk dari seseorang yang mereferensikannya kepada kita.

Nah kurang kebih seperti itulah penjelasan dari istilah istilah yang perlu kalian ketahui yang masih masuk kedalam golongan digital marketing.

Posting Komentar

0 Komentar

advertise